Sabtu, 21 Januari 2012

HADITS TENTANG KEADILAN

عن عبدالله بن عمرو بن العاص رضي الله تعالى عنهما قال: قال رسول الله صل الله عليه و سلّم : (( انّ المقسطين عند الله على منابر من نور, عن يمين الرحمن عزّوجلّ وكلتا يديه يمين, الذين يعدلون في حكمهم واهليهم وما ولوا )). (اخرجه مسلم).
Dari Abdullah ibni amr ibnil ash رضي الله عنهما , telah bersabda Rosulullah صلى الله عليه و سلم : “Sesungguhnya orang yang adil berada dekat dengan ALLAH عزّوجلّ diatas mimbar dari cahaya, disebelah kanan ALLAH عزّوجلّ, dan tangan keduaNYA adalah kanan, yaitu mereka yang adil didalam hukum mereka dan kepada keluarga mereka dan segala yang diamanahkan kepada mereka.” (HR. Muslim)

Faedah Hadits :
1. Sesungguhnya keadilan didalamnya terdapat ketinggian derajat didunia dengan keridhoan ALLAH عزّوجلّ, , dan ketinggian diakhirat dengan berada diatas mimbar.
2. Sesungguhnya keadilan adalah cahaya didunia, dan penyejuk mata bagi penguasa dan rakyat, dan balasan atas yang demikian itu dengan cahaya diakhirat, sebagaimana kezholiman adalah kegelapan yang sangat didunia dan kegelapan pada hari kiamat.
3. Didalamnya terdapat penetapan tangan bagi ALLAH عزّوجلّ, , dan sesungguhnya tangan keduaNYA adalah kanan.
4. Didalamnya terdapat luasnya pujian atas keadilan, baik berupa perkataan ataupun perbuatan atau selain dari itu.
5. Didalamnya terdapat perintah untuk berbuat adil kepada siapa saja, maka jika keadilan itu wajib untuk keluarganya padahal sesungguhnya seseorang memiliki kemurahan terhadap keluarganya maka lebih utama lagi jika keadilan itu terhadap selainnya dari kaum muslimin, bahkan terhadap orang kafir. Rasulullah صلى الله عليه و سلم telah bersabda :”Takutlah kalian terhadap doanya orang yang terdzolimi, karena sesungguhnya tidak ada penghalang antara doa tersebut dengan ALLAH عزّوجلّ,”. Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya keadilan wajib terhadap setiap orang.
6. Didalamnya terdapat faedah keterkaitan antara keadilan dengan amanah, karena sesungguhnya orang yang diberi amanah tidak bisa menunaikan amanah yang diserahkan kepadanya kecuali dengan keadilan.
7. Didalamnya terdapat penegasan terhadap apa yang datang dari Alquran yaitu pegawai yang baik adalah yang kuat lagi amanah. Sabda Rosulullah صلى الله عليه و سلم :
(( اتقوا دعوة المظلوم فانه ليس دونها جخاب ))
”Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah yang kuat lagi amanah”. Maka sesungguhnya keadilan tidak akan ada kecuali bersama orang yang memiliki kekuatan yang dapat mengusir kelemahan dari dirinya dan amanah itu dapat mengusir darinya sifat khianat.
8. Didalamnya terdapat peringatan dari mempekerjakan orang yang menyadari bahwa dirinya tidak bisa menjalankan tuntutan amanah atas dirinya.
9. Didalamnya terdapat peringatan dari orang yang mempekerjakan pegawai yang memiliki kelemahan dan tidak memiliki sifat amanah.
10. Didalamnya terdapat peringatan sesungguhnya wajib atas setiap da’i untuk menetapi keadilan dengan ucapan mereka, dan perbuatan mereka, dan pena meraka didalam seluruh urusan mereka, Dan bahwasanya perkara tersebut merupakan sebab diraihnya taufik dari ALLAH عزّوجلّ , sehingga hati mereka bercahaya demikian juga pakaian perang mereka. Sehingga kedudukan mereka akan terangkat didunia dan akhirat, Dan jika mereka melakukan selain dari keadilan itu maka balasannya akan berbeda, dan tidaklah pelaku kejahatan itu berbuat kejahatan kecuali kepada diri mereka sendiri (“Dan tidaklah Allah mendzholimi seorangpun”).
Dinukil dan diterjemahkan dari Kitab Arba'in Haditsan fiy Tarbiyyati wal Manhaji dita'lif oleh Fadhilatu As-syaikh Abdul Aziz bin Muhammad As-sadhan حفظه الله



Tidak ada komentar:

Posting Komentar