Kamis, 11 Agustus 2011

Al 'Allamah Al Fawzan : " Sekte Murji'ah Zaman Ini "

Berkata Al ‘Allamah Sholih Al Fawzan hafidzohulloh : “ . . . dan murji’ah ada empat sekte ;

Sekte pertama : Murji’ah ekstrim, mereka adalah jahmiyyah, orang – orang yang menyatakan bahwa iman adalah sekedar ma’rifah ( beliau hafidzohulloh menjelaskan : yaitu jika seseorang mengenal Alloh yang mencipatanya maka dia adalah seorang mukmin_ Syarh Lum’atil I’tiqod halm. 178 ).

Sekte kedua : Para pengikut Asy’ariyyah, orang – orang yang menyatakan bahwa iman adalah meyakini akan benarnya dengan hati semata meskipun tidak mengucapkan dengan lisannya, menurut mereka tidak hanya sekedar ma’rifah ( beliau hafidzohulloh menjelaskan : dan pernyataan ini tidaklah benar sebab orang – orang kafir mereka meyakini dengan hatinya akan benarnya rasul sholallohu ‘alaihi wasallam dan mereka mengenal bahwa beliau adalah rasul utusan Alloh_ kitab Syarh Lum’atil I’tiqod halm. 179 ).

Sekte ketiga : Para pengikut Karromiyyah, orang – orang yang menyatakan bahwa iman adalah mengucapkan dengan lisan meskipun tidak meyakini dengan hati ( beliau hafidzohulloh menjelaskan : kensekwensi dari pernyataan ini bahwa orang – orang munafik mereka adalah orang – orang yang beriman_ kitab Syarh Lum’atil I’tiqod halm. 180 ).

Sekte keempat : Murji’ah para ahli fikih, orang – orang yang mengatakan bahwa iman adalah mengucapkan dengan lisan dan meyakini dengan hati sedangkan amal – amal lahiriyah maka tidak termasuk iman .

Ada Sekte kelima yang muncul sekarang : mereka adalah orang – orang yang menyatakan sesungguhnya amal – amal lahiriyah hanyalah syarat kesempurnaan iman, baik kesempurnaan wajib atau mustahab ”._ [ kitab Ta’liq Mukhtashor ‘alal Qoshidah an Nuuniyyah (647 – 648) ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar